SEKILAS INFO
: - Sabtu, 24-07-2021
  • 3 minggu yang lalu / Jadwal daftar ulang SMPN 1 Plemahan 5 s/d 7 Juli 2021, bagi yang tidak diterima di SMPN 1 Plemahan berkas pendaftaran bisa diambil tanggal 3 Juli
  • 1 bulan yang lalu / PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9, TAHUN PELAJARAN 2020-2021 PADA TANGGAL 4 JUNI JAM 9.00 WIB
  • 4 bulan yang lalu / Selamat Datang di web SMPN 1 Plemahan, Sugeng Rawuh di web SMPN 1 Plemahan, Wilujeng Sumping di web SMPN 1 Plemahan, Rahajeng Rauh di web SMPN 1 Plemahan, Onomi Fokha di web SMPN 1 Plemahan, Salama Engka di web SMPN 1 Plemahan.
Kurang Konsisten dalam Belajar? Ikuti Tips Ini untuk Meningkatkan Produktivitas Belajarmu

Mau disiplin dan konsisten dalam belajar kok sulit banget, ya. Sudah membuat jadwal dan target belajar, tapi nggak ada satu pun yang terlaksana. Berusaha meningkatkan produktivitas dalam belajar, tetap saja penerapannya berantakan. Kalau begini terus, bagaimana bisa belajar secara efektif?

Hayoo, siapa nih yang sedang mengalami masalah seperti ini? Jangan langsung panik, Pahamifren. Disiplin dan konsisten dalam belajar nggak bisa langsung jadi begitu saja. Apalagi, buat kamu yang memang sulit untuk teratur dan cenderung fleksibel. Kamu membutuhkan tips-tips yang tepat untuk meningkatkan produktivitas agar bisa konsisten dalam belajar.

Kali ini, Mipi bakal memberikan 5 tips meningkatkan produktivitas belajar, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 30 September 2020. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, langsung cek pembahasannya berikut ini.

Tips Meningkatkan Produktivitas Belajar

Produktivitas belajar yang meningkat bisa memengaruhi kedisiplinan kamu dalam melaksanakan jadwal belajar yang kamu buat. Maka dari itu, kalau kamu ingin lebih disiplin dan konsisten belajarnya, kamu butuh tips-tips meningkatkan produktivitas belajar yang tepat. Menurut Kak Fikri, tips meningkatkan produktivitas yang tepat itu harus disesuaikan dengan levelnya.

Misalnya, kalau untuk manajer, tipsnya harus sudah level tinggi sehingga manajer tersebut harus efisien banget menggunakan waktunya. Kalau untuk pelajar SMA seperti Pahamifren, tentunya kamu nggak bisa mengikuti tips yang setara level manajer dong. Nanti bisa jadi overkill banget kalau mengikuti tips tersebut. Tips yang bisa Pahamifren ikuti untuk meningkatkan produktivitas, di antaranya:

Memperbanyak Evaluasi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas belajar yaitu memperbanyak evaluasi pada jadwal kegiatan sehari-hari. Evaluasi waktu kamu habis untuk apa saja. Apa hal-hal yang sudah kamu capai dalam kegiatan harianmu itu? Apakah belajar termasuk dalam kegiatan tersebut? Dari evaluasi ini, kamu bisa tahu hal-hal yang membuat kamu sulit teratur dan disiplin, khususnya dalam belajar.

 

 

Setelah melakukan evaluasi, kamu bisa mulai mengubah kebiasaan kamu. Benahi pelan-pelan track habit yang kurang bermanfaat. Jika ada target belajar yang perlu kamu raih, seperti persiapan UTBK atau PTS, kamu bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan belajar. Jadi, kamu akan lebih mudah meraih target yang kamu tetapkan.

Untuk menerapkan proses evaluasi ini, sebaiknya jangan berangkat dari rencana ideal kamu seperti apa. Nanti kalau rencana ideal kamu tidak tercapai dalam waktu singkat, kamu bakal frustasi sendiri. Sebaliknya, berangkatlah dari hal bagus yang sudah kamu lakukan. Misalnya, kamu sudah bisa belajar paling tidak 3x dalam seminggu, cobalah untuk mempertahankan dan meningkatkannya secara perlahan.

Kebiasaan kurang bermanfaat yang menurutmu bisa dikurangin, cobalah menguranginya secara bertahap. Memperbanyak evaluasi dengan cara seperti ini bisa memotivasi kamu secara psikologis. Jika diterapkan terus menerus, produktivitas belajar kamu akan perlahan-lahan meningkat.

Terapkan Aturan KDL

Kak Fikri sendiri menerapkan aturan KDL ini untuk meningkatkan produktivitasnya dalam mempelajari hal-hal baru. Apa itu aturan KDL? KDL sebenarnya merupakan singkatan Ketika, Daripada, dan Lakukan. Aturan ini bertujuan untuk mempelajari kebiasaan kamu. Bisa jadi, penyebab kamu sulit konsisten dan disiplin adalah karena kamu banyak membuang-buang waktu. Nah, lewat aturan KDL ini, kamu bisa membuat manajemen waktu kamu lebih optimal dalam belajar.

Contoh penerapan aturan KDL dalam meningkatkan produktivitas belajar adalah seperti ini:

Ketika, ada topik-topik seru di media sosial;

Daripada, harus scrolling timeline media sosial sampai berjam-jam, lebih baik;

Lakukan pengulangan materi yang dipelajari hari ini, atau mencoba belajar materi baru.

Kalau aturan KDL tersebut sudah tertanam dalam pikiranmu, secara otomatis kamu akan lebih menggunakan waktu kamu untuk hal-hal yang bermanfaat, termasuk belajar. Jadi, coba terapkan aturan KDL ini dari sekarang ya, Pahamifren!

Gunakan Konsep Gamifikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Belajar

Cobalah mulai menggabungkan konsep gamifikasi dalam proses belajar kamu. Kamu bisa mulai dari yang termudah, yaitu memberikan skor atau reward kepada diri sendiri untuk setiap materi yang bakal kamu pelajari. Semakin sulit materi yang dipelajari, maka semakin banyak skor atau reward yang kamu dapat. Lewat cara seperti ini, kamu pasti lebih tertantang buat menyelesaikan semua materinya.

 

Membenahi Fokus Belajar

Produktivitas dapat meningkat kalau kamu fokus belajarnya. Apabila kamu termasuk orang yang mudah bosan saat belajar, kamu perlu mulai membenahi fokus belajar. Untuk bisa benar-benar fokus, sebaiknya singkirkan berbagai hal yang bisa menjadi gangguan belajar, baik secara fisik maupun mental.

Distraksi fisik bisa berupa gadget, televisi, teman, adik atau kakak, dan sebagainya. Distraksi mental bisa berupa mood negatif atau overthinking. Rasa takut gagal, panik, minder juga termasuk distraksi mental dalam belajar, lho.

Selain itu, ingatlah prinsip intensitas untuk melatih fokus belajar. Belajarnya jangan diukur dari seberapa lama waktu belajar, melainkan dari seberapa intens kamu belajar dan paham materinya. Prinsip intensitas dalam belajar ini bisa membuat kamu menemukan cara belajar yang efektif.

Jangan Lupa Refreshing

Saat belajar, pasti ada yang namanya bosan dan jenuh. Hal seperti itu wajar karena materi yang dipelajari pun banyak. Yang terpenting kamu tahu cara mengatasi bosan belajar yang kamu rasakan. Satu di antara caranya dengan refreshing.

Produktif dalam belajar bukan berarti kamu harus belajar terus menerus, ya. Tapi, kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari proses belajar yang kamu lakukan. Agar belajar lebih optimal, kamu juga butuh istirahat beberapa menit untuk menyegarkan pikiranmu. Intinya, kalau kamu belum bisa konsisten dalam belajar, paling tidak kamu bisa menggunakan siklus ini: fokus belajar – refreshing saat bosan belajar – fokus belajar lagi.

 

Di akhir cuitan Twitternya, Kak Fikri menekankan hal terpenting dalam membangun kedisiplinan dan meningkatkan produktivitas belajar adalah kamu sadar apa yang seharusnya dilakukan dan kamu sadar ketika kamu belum bisa melakukannya. Apabila kamu sudah memahami dua hal itu, lama-lama produktivitas dan konsistensi belajar akan terbentuk kok. Harus sabar dengan prosesnya, Pahamifren!

Nah, itu dia beberapa tips meningkatkan produktivitas buat kamu yang susah disiplin dan konsisten dalam belajar. Mudah-mudahan dari ulasan ini kamu bisa mendapatkan cara belajar yang efektif untuk mengejar target kamu di masa depan, ya.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi PTS dan PAS, kamu bisa memanfaatkan fitur Jadwal Belajar biar lebih konsisten dan disiplin lagi belajarnya. Ada juga fitur Bank Soal Latihan PTS yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan peluang mendapatkan nilai ujian yang tinggi.

Khusus buat kamu yang punya target masuk PTN impian lewat jalur SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. TryOut Pahamify dilengkapi video pembahasan berkonsep gamifikasi yang menarik sehingga pengerjaan try out UTBK dijamin seru dan bakal bikin kamu ketagihan belajar!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

UPTD SMPN 1 Plemahan

Kontak Kami :

SMPN 1 Plemahan

Alamat:  Jalan PLK, Ds. Bogokidul, Kec. Plemahan, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur 64155

Telp(0354) 529228 

E-mail : info@smpn1plemahan.sch.id

Pengumuman Terbaru

Informasi daftar ulang online

Pengumuman dan pendaftaran ulang online PPDB SMP Negeri 1 Plemahan

11 Maret Libur Umum (Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW)

SMPN 1 PLEMAHAN | Official Website
Klik salah satu dari perwakilan kami dibawah untuk kirim pesan di WhatsApp atau kirim pesan melalui email info@smpn1plemahan.sch.id
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Sarpras
Sunik Karti Rahayu, S.Pd. M.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kesiswaan
Anis Faizatul I, S.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kurikulum
Endang Murtini, S.Pd
Available