Tujuan sekolah SMP NEGERI 1 PLEMAHAN dalam 4 tahun ke depan adalah:
Aspek Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang memiliki Imtak, Kejujuran,tanggung jawab, Pembelajar sejati, Sehat jasmani rohani ( Dimensi Sikap )
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif ( Dimensi pengetahuan )
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan Komunikatif ( Dimensi Keterampilan )
- Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
- Sekolah mampu menghasilkan peserta didik yang dapat berprestasi dalam lomba atau olimpiade MIPA dan IPS
- Sekolah mampu menghasilkan peserta didik yang dapat berprestasi dalam pertandingan atau perlombaan bidang seni dan olah raga
- Sekolah mampu meningkatkan kepedulian sosial peserta didik
- Sekolah mampu meningkatkan pengetahuan keagamaan bagi peserta didik
- Sekolah mampu meningkatkan penghayatan dan pengamalan keagamaan bagi peserta didik
Aspek Pemenuhan Standar isi
- Sekolah mampu menghasilkan Dokumen KTSP Kurikulum 2013 dengan lengkap
- Sekolah mampu mengembangkan Dokumen KTSP secara rutin dan periodik disesuaikan perkembangan kebutuhan
- Sekolah memiliki Dokumen Kurikulum lengkap.
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
- Sekolah mampu menghasilkan diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan peserta didik
- Sekolah mampu mengkoordinasikan penyususnan Dokumen KTSP yang melibatkan guru, Komite, Orangtua
Aspek Pemenuhan Standar Proses
- Sekolah mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual.
- Sekolah mampu melaksanakan pembinaan peserta didik secara kompetitif
- Sekolah mampu menyelenggaraan program ekstra kurikuler dengan optimal
- Sekolah mampu membentuk budaya mutu sekolah yang positif
Aspek Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Sekolah mampu memenuhi standar kualifikasi akademik guru minimal S1
- Sekolah memfasilitasi guru untuk melanjutkan studi ke jenjang S2
- Sekolah memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi akademik sesuai SPM
Aspek Pemenuhan Standar Sarana Prasarana
- Sekolah mampu memenuhi semua sarana dan prasarana pendidikan minimal sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)
- Sekolah mampu menyediakan fasilitas pembelajaran yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan
- Aspek Pemenuhan Standar Pengelolaan
- Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau rencana kerja jangka menengah/rencana kerja empat tahunan yang disusun memuat standar dalam SNP
- Sekolah memiliki Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek/rencana kerja satu tahun dengan sistematika sesuai pedoman
- Sekolah mampu memenuhi kelengkapan administrasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan sekolah
- Sekolah mampu menyelenggarakan pengelolaan Kurikulum, kesiswaan, sarana-prasarana, pembiayaan dan keuangan sekolah
- Sekolah mampu menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif.
Aspek Pemenuhan Standar Pembiayaan
- Sekolah mampu menyelenggarakan pembiayaan kegiatan yang transparan dan akuntabel
- Sekolah mampu mewujudkan jalinan kerjasama yang baik denganmasyarakat, dan orang tua melalui Komite Sekolah
- Sekolah mampu merealisasikan pembiayaan sekolah n yang tersedia.
Aspek Pemenuhan Standar Penilaian
- Semua guru mampu melaksanakan penilaian autentik yang seuasi aturann dan prosedur
- Sekolah mampu menyelenggarakan mekanisme sistem penilaian yang sesuai standar Penilaian
- Sekolah mampu melaksanakan prosedur penilaian yang sesuai standar penilaian.
- Semua guru mampu melaksanakan penilaian autentik
- Sekolah mampu menyiapkan instrumen penilaian yang sesuai standar.
Aspek Pemenuhan Standar Lingkungan Sekolah
- Sekolah mampu mwujudkan budaya 5S untuk seluruh warga sekolah
- Sekolah mampu mengembangkan budaya bersih di lingkungan sekolah
- Sekolah mampu menciptakan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, dan sejuk
- Sekolah mampu menciptakan sistem sanitasi/drainasi
- Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang tanpa pencemaran limbah
- Sekolah mampu menggunakan sumber daya aair, listrik secara efektif dan efisien