SEKILAS INFO
: - Senin, 28-11-2022
  • 4 bulan yang lalu / INFORMASI DAFTAR ULANG DAN DOWNLOAD BLANKO SMPN 1 PLEMAHAN ( cek di sidebar )
  • 1 tahun yang lalu / Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Tahun 2021 Bagi nama-nama yang tertera di bawah ini baik kelas 7, 8 , dan 9 segera konfirmasi untuk update verval nomer HP, bagi yang tidak tertera berarti sudah sesuai datanya untuk konfirmasi data isi link berikut
  • 1 tahun yang lalu / Jadwal daftar ulang SMPN 1 Plemahan 5 s/d 7 Juli 2021, bagi yang tidak diterima di SMPN 1 Plemahan berkas pendaftaran bisa diambil tanggal 3 Juli
Informasi  PPDB SMP Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023

PPDB jenjang  Sekolah Menengah  Pertama  (SMP) Negeri  menggunakan  sistem  daring (online)  tersentral,  yaitu  sebuah  sistem yang dirancang untuk  melakukan  otomatisasi PPDB secara online mulai  dari proses pendaftaran proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi.

JADWAL

   1.Waktu Proses Pelaksanaan PPDB 

Jalur PPDB jenjang SMP

Jalur PPDB jenjang SMP  dibagi menjadi 4 jalur yaitu jalur prestasi, afirmasi, pindah tugas orang tua, dan zonasi

a. JALUR ZONASI

Jalur zonasi adalah jalur PPDB yang didasarkan domisili dan pembagian wilayah (zona)

b. JALUR AFIRMASI

Adalah jalur PPDB yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari (a) keluarga ekonomi tidak mampu (masuk dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah) dan (b) bagi penyandang disabilitas.

c. JALUR PRESTASI

Adalah jalur PPDB yang didasarkan pada nilai  rapor dan/atau  Surat Keterangan Daftar Nilai Rapor (SKDNR), dan/atau prestasi dalam perlombaan/pertandingan akademik maupun non akademik.

d. JALUR PERPINDAHAN  TUGAS ORANG TUA/WALI

Adalah  jalur  PPDB  yang  diperuntukkan  bagi  calon  peserta  didik  baru  yang orang   tua   atau   wali   berdomisili    di   luar   wilayah   tetapi   orang   tuanya dipindah tugaskan  di wilayah sekolah yang akan dituju. Jalur ini juga dapat diisi oleh anak guru/pegawai yang bertugas di sekolah yang dituju.

KETENTUAN PENDAFTAR

  1. Ketentuan Umum
  • Lulus  Sekolah Dasar  (SD)/Madrasah  Ibtidaiyah (Ml),  Program  Paket  A/Ula  atau Sekolah  Dasar  Luar  Biasa  (SDLB)  dibuktikan  dengan  Ijazah/Surat  Keterangan Lulus/Surat  Keterangan  Daftar  Nilai Rapor (SKDNR)/Surat Keterangan  lain  yang sejenis  dari sekolah  asal, kecuali bagi calon  peserta  didik  penyanda ng  disabilitas bisa menggunakan  surat keterangan  menyelesaikan  seluruh program pembelajaran dari kepala sekolah asal.
  • Berusia  paling  tinggi   15   (lima  belas)  tahun  pada  tanggal   1    Juli  tahun   2021 dibuktikan  dengan akta kelahiran/surat  keterangan  lahir.  Batasan usia paling tinggi 15   (lima  belas)  tahun  ini   dikecualikan   bagi  calon  peserta   didik   penyandang disabilitas.
  • Khusus  bagi  calon  pendaftar   yang  berasal   dari  sekolah  di  luar  negeri   harus mendapatkan  surat  rekomendasi  ijin belajar  dari Direktorat  Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemdikbudristek.
  • Calon Peserta didik baru dari luar kabupaten adalah calon peserta didik berdomisili di luar Kabupaten Kediri.
  • Pendaftar  yang  sudah  melakukan  pencabutan  berkas  dianggap  keluar  dari  system PPDB Online Kabupaten Kediri dan tidak bisa mendaftar lagi.

 

2. Ketentuan Khusus

  1. Bagi pendaftar jalur zonasi, selain memenuhi ketentuan  umum, harus  memenuhi beberapa ketentuan khusus berikut.
    • berdomisili  di dalam wilayah  zonasi paling singkat  1   (satu) tahun  dibuktikan dengan tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali yang diterbitkan paling singkat 1  (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.  Pada kondisi tertentu (bencana alam dan/atau bencana sosial) maka KK dapat diganti dengan Surat Keterangan Tempat Tinggal (format dapat diunduh di web PPDB).
    • mendapat hak memilih paling banyak 4 (empat) sekolah pilihan (3 SMP Negeri dan  1 SMP Swasta)  secara berurutan, yakni sekolah  pilihan pertama,  kedua, ketiga, dan keempat dalam satu wilayah.
    • Bagi calon peserta didik yang berdomisili di perbatasan zona, dapat mernilih 1 sekolah di luar zona (pada zona lain yang terdekat).
    • Calon peserta didik baru jalur zonasi yang tidak tercantum pada hasil seleksi sementara pada semua sekolah pilihannya, tidak dapat lagi melakukan perubahan pilihan ke sekolah lainnya.

 

2. Bagi  Jalur  Afirmasi  selain  memenuhi  persyaratan  umum,   harus  memenuhi beberapa ketentuan khusus berikut.

    • Memiliki  bukti  keikutsertaan  peserta  didik  dalam  program  penanganan keluarga  tidak  mampu  dari Pemerintah Pusat  (KIP  atau  sejenisnya)  atau Pemerintah Daerah (surat keterangan GNOTA) atau nama orang tua masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di desa atau kelurahan, dan/atau
    • Masuk kategori penyandang disabilitas baik dalam kategori fisik, intelektual, mental, dan/atau sensori.
    • Jika  calon  peserta  didik berasal  dari  keluarga tidak  mampu  maka  wajib dilampiri  dengan  surat  pemyataan  dari  orang tua/wali  yang  menyatakan bersedia diproses secara hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
    • Jika calon peserta didik berasal dari penyandang disabilitas maka wajib dilampiri  dengan surat keterangan disabilitas  oleh  pihak  yang berwenang (Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Psikolog, atau instansi lain yang berwenang mengeluarkan keterangan disabilitas). Surat keterangan yang dimaksud mencantumkan jenis disabilitas yang disandang dan keterangan bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pembelajaran di jenjang SMP.
    • Memiliki hak memilih satu  sekolah yang ada di dalam wilayah/zona atau sekolah yang ada di luar wilayah/zona.

3. Bagi  Jalur  Prestasi,  selain  memenuhi  persyaratan  umum,  harus  memenuhi beberapa ketentuan khusus berikut.

    • Memiliki  nilai  rata-rata  rapor  semester  7  sampai   dengan  semester   12;dan/atau
    • Memiliki    piagam    penghargaan/sertifikat    atau    surat    keterangan berpenghargaan yang setara dalam perlombaan/pertandingan akademik maupun non akademik, minimal tingkat kabupaten; atau  sebagai  peserta perorangan tingkat kabupaten pada perlombaan Siswa Prestasi (Sispres), KSN (OSN),  KOSN (OOSN), FLS2N, Lomba TIK,  Pidato Bung Kamo yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan yang diperoleh paling singkat 6  bulan  dan  paling  lama  3   tahun  sebelum  tanggal  pendaftaran  PPDB;dan atau
    • Memiliki surat keterangan peringkat 1   di kelas (rombel) pada lembaga SD (baik lembaga negeri maupun swasta) berdasarkan nilai rata-rata rapor yang tertuang pada SKL/SKDNR.  Atau memiliki surat keterangan peringkat 2 atau peringkat 3  kelas  (rombel), jika  peringkat  1    atau peringkat 2 tidak mengikuti PPDB di SMP Kabupaten Kediri.
    • Memiliki  hak memilih  satu sekolah yang ada di dalam wilayah/zona  atau sekolah yang ada di luar wilayah/zona.
    • Hanya dapat diikuti oleh calon peserta didik yang berdomisili  di Kabupaten Kediri.
    • Khusus   pada   sub   jalur   peringkat   kelas   (rombel),   pendaftar   hanya diperbolehkan  memilih  satu  sekolah  pada kecamatan  yang  sesuai  dengan SD asal.

 

4. Bagi  Jalur  Perpindahan  Tugas  Orang  Tua/Wali,  selain  memenuhi  persyaratan umum, harus memenuhi beberapa ketentuan khusus berikut.

    • memiliki  surat pindah tugas dari instansi, lembaga, kantor,  atau perusahaan yang mempekerjakan. Surat Perpindahan  Tugas Orang Tua/Wali ini belum mencapai  1  tahun pada tanggal pendaftaran.
    • khusus bagi calon  peserta didik yang orang tuanya bertugas  di SMP  yang dituju  dibuktikan dengan tercantumnya  nama calon peserta didik di Kartu Keluarga (KK) orang tuanya.
    • Memiliki   hak  memilih   satu  sekolah  yang  ada  di  dalam   wilayah/zona domisili yang baru.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN  CALON PESERTA DIDIK BARU

Langkah-langkah  yang harus dilakukan sebagai berikut.

 

  • calon peserta didik baru membuka web PPDB di alamat:  ppdb.disdikkedirikab.com
  • mengisi dan melengkapi  form pendaftaran  yang sudah tersedia  serta  melengkapi data diri
  • calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran online yang memuat nomor  pendaftaran  dan  menandatangani tanda  bukti  pendaftaran  online   serta menyimpannya untuk proses verifikasi pendaftaran.
  • Apabila calon melakukan pendaftaran mandiri disarankan dilakukan di sekolah asal.

 

VERIFIKASI BERKAS PENDAFTARAN

 

Verifikasi adalah proses validasi/ penelitian berkas pendaftaran  yang dilakukan oleh panitia PPDB SMP.

 

  1. Verifikasi  berkas  ke  SMP oleh guru/perwakilan  (petugas kolektif)  yang diberi  tugas oleh sekolah asal (SD/MI) dengan ketentuan seperti pada pendaftaran kolektif.
  2. Petugas  kolektif  datang  ke  SMP terdekat  sesuai jadwal  dan menyerahkan  berkas pendaftaran  yang menjadi  syarat verifikasi  sesuai jalur yang dipilih pada jam  kerja yaitu mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.
  3. Adapun  berkas  pendaftaran   yang  harus  diserahkan  oleh  petugas  kolektif  untuk verifikasi ke SMP adalah sebagai berikut.

 

 Jalur Zonasi

 

  • Daftar isian blanko kolektif pendaftar yang dibuat oleh sekolah asal.
  • Nomor/bukti  cetak pendaftaran online.
  • Isian blanko pilihanjalur dan sekolah (ditempel di bagian depan stop map).
  • Cetak lokasi  domisili (koordinat) pendaftar dari aplikasi google maps moda jalan kaki dari tempat tinggal/ rumah calon peserta didik (bukan dari tempat yang  lain).  Apabila diverifikasi temyata tidak diambil dari tempat tinggal/rumah  calon   peserta   didik,   maka  panitia   PPDB   SMP   berhak melakukan pembetulan/dianulir/dinyatakan gugur.
  • Surat  keterangan Lulus  atau Surat Keterangan Daftar Nilai Rapor (SKDNR) SD/MI, atau paket NULA, atau SDLB (asli).
  • Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir asli (untuk ditunjukkan ke verifikator) dan 1   lembar fotokopi (untuk dikumpulkan).
  • Kartu Keluarga (KK) asli (untuk  ditunjukkan ke verifikator) dan  1    lembar fotokopi  (untuk dikumpulkan).  Jika calon peserta  didik tidak  memiliki KK karena alasan tertentu, dapat diganti dengan Surat Keterangan Tempat Tinggal (format dapat diunduh di web PPDB)

 

Jalur Afirmasi

  • Daftar isian blanko kolektif pendaftar yang dibuat oleh sekolah asal.
  • Nomor/bukti cetak pendaftararan online.
  • Isian blanko pilihanjalur dan sekolah (ditempel di bagian depan stop map).
  • Cetak lokasi  domisili (koordinat) pendaftar dari aplikasi google  maps moda jalan kaki dari tempat tinggal/ rumah calon peserta didik (bukan dari tempat yang  lain). Apabila diverifikasi temyata tidak diambil dari tempat tinggal/rumah calon peserta didik, maka panitia PPDB berhak melakukan pembetulan/dianulir/dinyatakan gugur.
  • Surat  Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Daftar Nilai Rapor (SKDKNR) SD/Ml, atau paket A/ULA, atau SDLB (asli).
  • Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir ash (untuk ditunjukkan ke verifikator) dan 1  lembar fotokopi (untuk dikumpulkan).
  • Jika calon peserta didik berasal dari keluarga tidak mampu maka wajib melampirkan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat (KIP, PKH,  atau sejenisnya) atau Pemerintah  Daerah  (surat  keterangan GNOTA)  asli  (untuk  ditunjukkan  ke verifikator)  dan  1    lembar  fotokopi  (untuk  dikumpulkan).  Bagi  yang tidak memiliki KIP, PKH atau sejenisnya tetapi masuk dalam Basis Datat Terpadu (BDT)  atau Data  Terpadu Kesejahteraan  Sosial  (DTKS) di desa/kelurahan, maka cukup menyerahkan bukti cetak BDT/DTKS bagian halaman yang memuat nama yang bersangkutan dan disahkan kepala desa atau kepala kelurahan.
  • Surat   pemyataan  dari  orang tua/wali  peserta  didik (ash)  yang menyatakan bersedia diproses secara hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
  • Jika  calon  peserta  didik  berasal  dari  penyandang  disabilitas  maka  wajib dilampiri  dengan  surat  keterangan  disabilitas  oleh  pihak  yang  berwenang (Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Psikolog, atau instansi lain yang berwenang mengeluarkan keterangan disabilitas). Surat keterangan yang dimaksud mencantumk:an jenis  disabilitas   dan  keterangan  bahwa  yang  bersangkutan mampu mengikuti pembelajaran padajenjang SMP.
  • Kartu Keluarga (KK) asli (untuk ditunjukkan  ke verifikator) dan 1   lembar

fotokopi  (untuk  dikumpulkan).  Jika  calon  peserta  didik  tidak  memiliki  KK karena  alasan tertentu  (bencana  alam dan/atau  bencana  sosial)  dapat  diganti dengan  Surat  Keterangan   Tempat  Tinggal  (format  dapat  diunduh  di  web PPDB).

 

Jalur Prestasi

  • Daftar isian blanko kolektif pendaftar yang dibuat oleh sekolah asal.
  • Isian blanko pilihanjalur dan sekolah (ditempel di bagian depan stop map).
  • Cetak  lokasi  domisili  (koordinat)  pendaftar  dari  aplikasi  google  maps  moda jalan  kaki dari tempat tinggal/ rumah calon peserta didik (bukan  dari tempat yang    lain).    Apabila    diverifikasi   ternyata    tidak    diambil    dari   tempat tinggal/rumah   calon  peserta  didik,  maka  panitia  PPDB  berhak  melakukan pembetulan/dianulir/dinyatakan gugur.
  • Surat Keterangan  Lulus atau Surat Keterangan  Daftar Nilai Rapor  (SKDNR) SD/MI, atau paket A/ULA, atau SDLB (asli).
  • Akta Kelahiran/Surat  Keterangan Lahir asli (untuk ditunjukkan ke verifikator) dan 1  lembar fotokopi (untuk dikumpulkan).
  • Kartu  Keluarga  (KK)  asli  (untuk  ditunjukkan  ke  verifikator)  dan  1  lembar fotokopi  (untuk  dikumpulkan).  Jika  calon  peserta  didik  tidak  memiliki  KK karena  alasan  tertentu  (bencana  alam dan/atau  bencana  sosial), dapat  diganti dengan  Surat  Keterangan  Tempat  Tinggal  (format  dapat  diunduh  di  web PPDB).
  • Khusus   bagi   sub  jalur  piagam/sertifikat    perlombaan/pertandingan,   maka disertai   piagam   kejuaraan    yang   sesuai   dengan   ketentuan    asli    (untuk ditunjukkan ke verifikator) dan 1  lembar fotokopi (untuk dikumpulkan).
  • Khusus bagi sub jalur peringkat SD, maka disertai surat keterangan peringkat  1 kelas  (rombel)  dari rata-rata  nilai rapor  semester  7 s.d  12  pada  SKDNR asli (dikumpulkan)   dan  menunjukkan  rapor  SD  (asli).  Jika  peringkat   1    tidak mengikuti PPDB SMP di Kabupaten Kediri maka dapat dialihkan ke peringkat 2, jika peringkat 2 juga tidak mengikuti PPDB SMP di Kabupaten Kediri maka dapat dialihkan ke peringkat 3 dan wajib dilampiri surat keterangan dari Kepala Sekolah  asal  (SD)  yang  menjelaskan  bahwa  peringkat  1    atau  2 sekolahnya tidak mengikuti PPDB SMP di Kabupaten Kediri.

 

Jalur Perpindaban Tugas Orang Tua

 

  • Daftar isian blanko kolektif pendaftar yang dibuat oleh sekolah asal.
  • Nomor/bukti cetak pendaftararan online.
  • Isian blanko pilihanjalur dan sekolah (ditempel di bagian depan stop map);
  • Cetak  lokasi  domisili  (koordinat)  pendaftar  dari aplikasi  google  maps  moda

jalan kaki dari tempat tinggal/ rumah calon peserta didik (bukan  dari tempat yang    lain).    Apabila    diverifikasi    temyata    tidak    diambil    dari    tempat tinggal/rumah   calon  peserta  didik,  maka  panitia  PPDB  berhak  melakukan pembetulan/dianulir/dinyatakan gugur.

  • Surat Keterangan  Lulus  atau  Surat  Keterangan  Daftar  Nilai  Rapor  (DKNR) SD/MI, atau paket A/ULA, atau SDLB (asli).
  • Akta Kelahiran/Surat  Keterangan  Lahir asli (untuk ditunjukkan ke verifikator)

dan 1  lembar fotokopi (untuk dikumpulkan).

  • Kartu  Keluarga  (KK)  asli  (untuk  ditunjukkan  ke  verifikator)  dan  1  lembar fotokopi  (untuk  dikumpulkan).  Jika  calon  peserta  didik  tidak  memiliki  KK karena alasan tertentu, dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili (asli).
  • Surat  mutasi/pindah  tugas  orang  tua/wali  dari  kantor/instansi/lembaga  yang berwenang    asli   (untuk   ditunjukkan)   dan   1     lembar   foto   kopi    (untuk dikumpulkan)
  • Surat   Keputusan   Penugasan   terakhir   bagi  calon   peserta   didik   dari   anak guru/pegawai di sekolah yang dituju.

Berkas yang menjadi persyaratan  pendaftaran dimasukkan  dalam stop map kertas dan diserahkan ke verifikator.  Laki-laki wama KUNING dan perempuan  wama MERAH. Stop map TIDAK disediakan oleh sekolah yang dituju.

DAYA TAMPUNG DAN KUOTA  SATUAN PENDIDIKAN

Pembagian jalur pendaftaran sebagai berikut.

  1. Jalur Prestasi sebesar 30% dari daya tamping
  2. Jalur Afirmasi sebesar 15% dari daya tamping
  3. Perpindahan  Tugas Orang Tua/Wali sebesar 5% dari daya tamping
  4. Jalur  Zonasi  paling  sedikit  50%  dari  daya  tampung  (apabila jalur  Prestasi,  Afirmasi, Perpindahan  Tugas terdapat sisa kuota, maka akan dilimpahkan ke jalur Zonasi)

Demikianlah informasi tentang PPDB SMP Negeri Kabupaten, sumber informasi didapatkan dari Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Taman Kanak-Kanak (Tk), Sekolah Dasar (Sd), Dan Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023 Nomor:  420/1135/418.20/2022 tertanggal 16 Februari 2022, jika ada revisi akan disampaikan secara online

 

Pengumuman sebelumnyaOrganisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
UPTD SMPN 1 Plemahan

Kontak Kami :

SMPN 1 Plemahan

Alamat:  Jalan PLK, Ds. Bogokidul, Kec. Plemahan, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur 64155

Telp(0354) 529228 

E-mail : info@smpn1plemahan.sch.id

Pengumuman Terbaru

Informasi  PPDB SMP Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Update Nomer HP Pengajuan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

SMPN 1 PLEMAHAN | Official Website
Klik salah satu dari perwakilan kami dibawah untuk kirim pesan di WhatsApp atau kirim pesan melalui email info@smpn1plemahan.sch.id
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kurikulum
Endang Murtini, S.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Sarpras
Sunik Karti Rahayu, S.Pd. M.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kesiswaan
Anis Faizatul I, S.Pd
Available