SEKILAS INFO
: - Sabtu, 23-10-2021
  • 2 bulan yang lalu / Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Tahun 2021 Bagi nama-nama yang tertera di bawah ini baik kelas 7, 8 , dan 9 segera konfirmasi untuk update verval nomer HP, bagi yang tidak tertera berarti sudah sesuai datanya untuk konfirmasi data isi link berikut
  • 3 bulan yang lalu / Jadwal daftar ulang SMPN 1 Plemahan 5 s/d 7 Juli 2021, bagi yang tidak diterima di SMPN 1 Plemahan berkas pendaftaran bisa diambil tanggal 3 Juli
  • 4 bulan yang lalu / PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9, TAHUN PELAJARAN 2020-2021 PADA TANGGAL 4 JUNI JAM 9.00 WIB
Merasa Lelah Belajar hingga Putus Asa dalam Mencoba? Atasi dengan 4 Cara Ini

Pelaksanaan PAS dan PTS pun sudah di depan mata. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa lelah belajar, apalagi menjelang pelaksanaan ujian seperti ini? Rasanya, seperti putus asa, merasa nggak berprogres, kehilangan motivasi, bahkan berpikir kalau belajar pun tidak membantu meningkatkan nilai kita.

Kalau kamu mengalami hal seperti itu, wajar saja kok. Hal itu termasuk dalam proses belajar. Hanya saja, kamu tidak boleh membiarkannya terus menerus. Kamu harus mencari cara untuk mengatasinya, biar persiapan ujian kamu tidak berantakan dan target yang kamu inginkan bisa tercapai.

Dalam proses belajar, baik itu kemampuan maupun pengetahuan, akan ada masanya kita mengalami kegagalan, merasa gak bisa maju. Kalau dibiarkan lama-lama, energi kita bakal kekuras habis, hingga akhirnya kita burn out.

 

Cara Mengatasi Rasa Lelah Belajar

Hal yang biasa dilakukan   untuk mengatasi lelah belajar, hingga putus asa dalam mencoba adalah “RWH1SW”, atau rest (istirahat), clarify what (klarifikasi tujuan), strategize how (membuat strategi mencapai tujuan), dan generate one small win (hadiah). Yuk, kita bahas satu per satu tiap caranya.

Rest/Recharge

Saat kamu mulai merasa lelah dan kehilangan motivasi belajar, kemungkinan kondisi tubuh dan mental kamu benar-benar capek. Solusinya ya istirahat dulu .  saat kita berpikir, belajar, bahkan cuma bermain media sosial, pikiran kita itu butuh energi. Kalau dipaksa melakukan hal-hal yang menguras energi terus menerus, energi kamu bisa habis. Bahkan, kamu bisa mengalami mental depletion, yang membuat pikiran kamu tidak berpikir jernih.

Kaidah Kebahasaan Novel

Saat kamu mengalami mental depletion ini, ada kemungkinan kamu jadi merasa putus asa dan nggak berprogress. Maka dari itu, penting untuk istirahat sejenak untuk mengembalikan performa pikiran dan mental kamu. Lakukan hal-hal yang kamu sukai sebagai cara menyegarkan pikiran dan menumbuhkan pola pikir positif.

Perlu diingat, terlalu memaksakan diri untuk belajar atau bekerja habis-habisan itu tidak sehat buat pikiran dan mental kamu. Jadi, kalau memang tubuh dan mental kamu mulai kelelahan, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak ya

Clarify What

Ketika pikiran kamu sudah mulai tenang karena istirahat yang cukup, kamu bisa mencoba belajar lagi. Tapi sebelum itu, kamu perlu mengklarifikasi lagi apa tujuan yang ingin kamu capai. Misalnya, kamu belajar untuk bisa meningkatkan nilai PAS dan PTS, atau belajar untuk mendapatkan skor UTBK tertinggi, dan sebagainya.

Setelah melakukan klarifikasi tujuan, cobalah evaluasi proses belajar kamu selama ini. Apakah sudah efektif? Kalau sudah, kenapa kamu saat itu merasa lelah belajar? Adakah yang harus diperbaiki? Temukan semua hal yang sekiranya bisa dievaluasi dari proses belajarmu, hingga akhirnya kamu bisa menemukan strategi belajar efektif.

Strategize How

Apabila tujuan belajar kamu sudah ditemukan, kamu bisa mulai memetakan strategi atau rencana belajar untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk memetakan strategi ini, kamu bisa merenung sejenak. Fokus untuk menemukan proses belajar yang ideal versi kamu.

Biasanya, saat merenung atau istirahat, ada kekhawatiran bahwa kamu sedang membuang waktu, yang seharusnya bisa dipakai buat belajar. Padahal, meski nggak belajar, otak kamu tetap aktif melanjutkan proses belajar, kok.

Cara terbaik untuk memanfaatkan kuota gratis kemendikbud adalah dengan belajar online.

otak kita punya 2 mode berpikir. Waktu lagi sangat fokus belajar, kamu menggunakan mode focused thinking. Sementara, waktu nggak fokus, otak masih aktif dengan mode diffuse thinking, yang identik dengan proses berpikir kreatif.

Jadi, jangan khawatir kalau lagi istirahat atau merenung, ya. Selama kamu merenungnya untuk hal positif, seperti membenahi proses belajar, kamu bisa tetap menemukan ide-ide yang luar biasa kok. kalau dalam istilah Matematika, kamu sebenarnya sedang menunggu inflection point, seperti kran air, nanti idenya kebuka sendiri. Kamu jadi paham dan nggak stuck lagi deh dalam belajar.

Generate One Small Win

Cara mengatasi kejenuhan dalam belajar atau rasa lelah belajar, kamu juga membutuhkan yang namanya small win, biar ada prestasi kecil yang mengaktifkan dopamin pada otak kita. Lewat cara ini, kamu bisa merasa kalau usaha kamu tidak sia-sia dan berprogres dengan signifikan. One small win ini juga membuat kamu akan lebih mudah menghargai diri sendiri.

Tips belajar efektif kali ini membahas tentang indikator lingkungan belajar, dan bagaimana manciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Contoh one small win ini bisa seperti keberhasilan menyelesaikan soal tipe baru, menambah pemahaman konsep baru, meningkatkan jawaban benar saat mengerjakan latihan soal UTBK, dan sebagainya. Setelah kamu berhasil melakukan hal-hal tersebut, kamu akan tertantang dan mendapatkan energi untuk mencoba lagi.

Cara ini efektif untuk mengatasi rasa malas, karena bisa membuat kamu stay energetic.   pentingnya kesenangan kecil dari waktu ke waktu, khususnya dalam proses belajar, supaya kita bisa recharge energi mental dan kita nggak pernah merasa putus asa untuk mencoba segala hal.

Itulah cara mengatasi lelah belajar yang bisa kamu terapkan. Semoga dari ulasan ini kamu bisa menemukan cara belajar efektif untuk mengejar tujuan kamu di masa depan, ya.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

UPTD SMPN 1 Plemahan

Kontak Kami :

SMPN 1 Plemahan

Alamat:  Jalan PLK, Ds. Bogokidul, Kec. Plemahan, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur 64155

Telp(0354) 529228 

E-mail : info@smpn1plemahan.sch.id

Pengumuman Terbaru

Update Nomer HP Pengajuan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

Perekrutan Duta Literasi

Lanjutan Bantuan Internet Dari Kemendikbud

SMPN 1 PLEMAHAN | Official Website
Klik salah satu dari perwakilan kami dibawah untuk kirim pesan di WhatsApp atau kirim pesan melalui email info@smpn1plemahan.sch.id
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kesiswaan
Anis Faizatul I, S.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Sarpras
Sunik Karti Rahayu, S.Pd. M.Pd
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Waka Kurikulum
Endang Murtini, S.Pd
Available